PROPOSAL USAHA
KEMBANG GOYANG PELANGI
Diajukan Kepada:
Politeknik Negeri Sriwijaya
KURNIA ILLAHI
NIM: 061440610896
Jl. Srijaya Negara Bukit Besar,
Palembag
Contact Person: 085766024445
PROPOSAL USAHA
KEMBANG GOYANG PELANGI
“Pelangi
Warnanya, Pelangi Rasanya”
A. DATA PERUSAHAAN
1.
|
Nama
Perusahaan
|
:
|
KEMBANG
GOYANG PELANGI
|
2.
|
Bidang
Usaha
|
:
|
Kuliner
|
3.
|
Jenis
Produk
|
:
|
Kembang
Goyang dengan variasi warna dan rasa terbaru
|
4.
|
Lokasi
Usaha
|
:
|
Jl
Srijaya Negara Bukit Besar, Palembang
|
5.
|
Slogan
Usaha
|
:
|
Pelangi
Warnanya, Pelangi Rasanya
|
B. BIODATA PESERTA
1.
|
Nama
|
:
|
KURNIA
ILLAHI
|
2.
|
Jenis
Kelamin
|
:
|
Perempuan
|
3.
|
Tempat
tanggal lahir
|
:
|
Bogor,
31 Agustus 1996
|
4.
|
NIM
Lengkap
|
:
|
061440610896
|
5.
|
Jurusan/
Prodi
|
:
|
Administrasi
Bisnis/ Usaha Perjalanan Wisata
|
6.
|
Alamat
Asal
|
:
|
Payakumbuh,
Padang Sumatera Barat
|
|
Alamat
Kost
|
|
Jl
Srijaya Negara lrg Tembesu RT 30 RW 10 No.108 Bukit Besar, Palembang
|
7.
|
No
telp / HP
|
:
|
085766024445
|
8.
|
Email
|
:
|
C. DASAR PEMIKIRAN
Globalisasi
sangat berpengaruh terhadap berbagai aspek kehidupan manusia, misalnya dalam
aspek social budaya khususnya pada makanan tradisional. Seiring perkembangan
zaman, banyak muncul makanan-makanan modern dari luar yang beredar di sekitar
kita, sehingga kue atau jajanan tradisional Indonesia semakin dilupakan dan
sudah jarang diproduksi lagi, Salah satunya adalah makanan ringan kembang
goyang, Hal itu dapat dilihat dari eksistensinya makanan tersebut. Pada saat
ini makanan tersebut sudah jarang dijumpai di kalangan masyarakat. Bahkan bisa
dikatakan makanan ini hanya dikonsumsi masyarakat pada hari-hari tertentu saja. Misalnya pada
Hari Raya Id Fitri.
Selain itu
makanan ringan kembang goyang ini termasuk makanan tradisional yang hampir
punah di Indonesia, terutama di Betawi yang merupakan tempat lahirnya makanan
ini. Apalagi di tempat-tempat lain yang memang bukan makanan khas mereka.
Padahal makanan ringan kembang goyang ini memiliki cita rasa yang khas, dan
menggunakan bahan-bahan alami yang mudah diperoleh serta proses pembuatannya
pun masih secara tradisional yang memiliki keunikan tersendiri dari proses
pembuatannya. Maka dari itu kita tidak boleh meninggalkan makanan tradisional
yang merupakan kebudayaan bangsa kita.
Disamping itu,
dengan produk yang bervariasi diharapkan masyarakat tidak jenuh untuk
mengkonsumsinya. Itu dapat dibuktikan dari beberapa tanggapan teman sekelas
tentang usaha kembang goyang pelangi ini, dan menurut mereka ini sangat menarik
sekali dengan warna yang mencolok dan rasa yang bervariasi. Dan makanan ini
juga bisa dijadikan salah satu oleh-oleh dari Palembang. Oleh karena itu saya
melihat peluang dan membuka usaha Kembang Goyang Pelangi ini.
D. TUJUAN
1.
Melestarikan
makanan tradisional Indonesia
2.
Menciptakan
inovasi kuliner yang baru yang lebih diminati banyak orang
3.
Menerapkan
jiwa berwirausaha
4.
Melatih
kemandirian
5.
Meningkatkan
hasil pendapatan. Dan dengan pendapatan tersebut dapat digunakan untuk membayar
biaya kuliah yag sedang berlagsung
6.
Menciptakan lapangan pekerjaan
E. DETAIL PRODUK (Bahan Baku, Proses dan Kapasitas)
1.
Usaha yang akan saya mulai adalah usaha
yang bergerak dalam bidang pengolahan makanan (industry kecil) yang menggunakan
bahan-bahan dan alat sederhana yang mudah didapatkan dan juga mudah dalam
proses pembuatannya, sehingga tidak menutup kemungkinan akan dibutuhkan
karyawan untuk memproduksi dan memajukan usaha ini demi mengurangi
pengangguran.
2.
Produk yang akan dipasarkan berupa
makanan kembang goyag dengan beraneka warna yaitu hijau, merah, ungu, kuning
dan biru serta 2 rasa yaitu manis dan pedas, sehingga produk kembang goyang ini
terdiri dari 6 jenis (5 rasa manis dan 1 rasa pedas). Kembang goyang pelangi
ini dikemas dalam bentuk pack atau bungkus.
3.
Dalam sekali produksi kembang goyang
menghasilkan 84 bungkus, yang terdiri dari 14 bungkus tiap-tiap jenisnya.
Sehingga dapat diprediksi dalam satu bulan jika dalam seminggu itu 3 kali
produksi dapat menjual sebanyak 1.008 bungkus kembang goyag pelangi dengan
harga bahan baku per buah Rp 3.500 dan harga jual per buah Rp 5.000
4.
Laba bersih yang dihasilkan Rp 3.958.000
per bulan.
5.
Tempat usaha ini direncanakan di Politeknik
Negeri Sriwijaya Jalan Srijaya Negara Bukit Besar Palembang, lokasi ini saya
pilih karena tempatnya sangat strategis untuk dipasarkan karena kebanyakan
mahasiswa lebih memilih untuk membeli makanan-makanan ringan ketika sedang
istirahat maupun sedang bersantai-santai di kantin.
F.
PASAR
DAN STRATEGI PEMASARAN
1. Target
Pasar
Sasaran
pemasaran yang dituju sangat fleksible sekali yaitu masyarakat Palembang dari
semua golongan baik usia muda maupun tua, dan mahasiswa Politeknik Negeri
Sriwijaya pada khususnya. Oleh karena itu, usaha in mempunyai prospek yang
sangat tepat. Dan berdasarkan pengamatan saya usaha ini belum ada di Palembang.
2. Strategi
Pemasaran
-
Slogan Kembang Goyang Pelangi, adalah “Pelangi
Warnanya, Pelangi Rasanya”
-
Pembuatan Gerobak yang unik dan menarik
-
Bermitra dengan kantin-kantin sekolah
dan perguruan tinggi, mini market seperti Alfamart dan Indomaret.
-
Menerima Pesanan untuk acara
-
Promosi akan dilakukan melalui jaringan
social media (Facebook, Twitter, Pamflet, Brosur, Radio).
-
Proses
produksi yang higienis baik dari tempat, alat dan bahan-bahan yang digunakan.
-
Menerapkan
pelayanan prima (sikap yang sopan dan ramah, pelayanan yang cepat dan baik).
-
Menjaga
cita rasa makanan. Tidak menggunakan bahan kimia berbahaya dalam
memproduksinya, tetapi menggunakan bahan alami untuk membrikan warna dan rasa
yang beragam.
-
Dengan
rasa yang khas yaitu manis dan pedas, serta variasi warna yang
G.
ASPEK
SUMBER DAYA MANUSIA
Untuk menjalankan usaha Kembang Goyang
Pelangi ini saya dibantu oleh seorang karyawan yang akan mengolah dalam proses
produksi dan pemasaran.
H.
BIAYA
PRODUKSI DAN KEBUTUHAN MODAL
Biaya Bahan Baku untuk
84 Bungkus Kembang per hari
|
||||
No
|
BAHAN
|
VOLUME
|
BIAYA
|
JUMLAH
|
1.
|
Tepung beras
|
6 Kg
|
10.000
|
60.000
|
2.
|
Gula pasir halus
|
1 Kg
|
12.000
|
12.000
|
3.
|
Bawang Putih
|
½ Kg
|
20.000
|
10.000
|
4.
|
Telur
|
6 Kg
|
16.000
|
96.000
|
5.
|
Garam
|
1 bungkus
|
1.000
|
1.000
|
6.
|
Santan Kelapa
|
2 Kg
|
6.000
|
12.000
|
7.
|
Minyak Goreng
|
6 Kg
|
12.000
|
72.000
|
8.
|
Baking Soda
|
2 bungkus
|
1.000
|
2.000
|
9.
|
Cabai Merah
|
½ Kg
|
20.000
|
10.000
|
10.
|
Udang Halus
|
½ Kg
|
12.000
|
6.000
|
11.
|
Pewarna
Alami
-
Hijau
(pandan)
-
Merah
(mahkota bunga rosela)
-
Ungu
(ubi ungu)
-
Kuning
(kunyit)
-
Biru
(kubis ungu)
|
-
¼ Kg
½ Kg
1 ons
½ Kg
|
3.000
100.000
6.000
2.000
10.000
|
3.000
25.000
3.000
2.000
5.000
|
Total
|
|
|
319.000
|
KETERANGAN:
Produksi dan Biaya Bahan Baku Kembang Goyang
Pelangi:
|
|||
Tiap Hari
|
84 bungkus
|
||
Tiap bulan
|
1.008 bungkus
|
||
Biaya baha baku per
satuan produk
|
4.000
|
||
Biaya bahan baku per bulan
|
4.032.000
|
Kebutuhan Modal
No
|
BAHAN
|
VOLUME
|
BIAYA
|
JUMLAH
|
|
1.
|
Biaya Investasi
|
||||
a. Gerobak
|
1
|
Unit
|
2.500.000
|
2.500.000
|
|
b.Penggorengan
|
1
|
Unit
|
300.000
|
300.000
|
|
c. Peniris Gorengan
|
1
|
Unit
|
50.000
|
50.000
|
|
d. LPG 3 Kg
|
1
|
Unit
|
150.000
|
150.000
|
|
e. Kompor Gas
|
1
|
Unit
|
300.000
|
300.000
|
|
f. Wajan Penggorengan
|
2
|
Unit
|
50.000
|
100.000
|
|
g. Cetakan Kembang
Goyang
|
3
|
Unit
|
18.000
|
54.000
|
|
|
h. Toples
|
6
|
Unit
|
15.000
|
90.000
|
i. Timbangan
|
1
|
Unit
|
100.000
|
100.000
|
|
|
Sub Total
|
|
|
|
3.644.000
|
2.
|
Biaya Operasional per
minggu
|
|
|
|
|
|
a.Bahan baku 1 minggu
(2 hari)
|
1008
|
Bungkus
|
3.500
|
3.528.000
|
|
b.Biaya tenaga kerja
|
1
|
Orang
|
250.000
|
250.000
|
|
c.biaya pemasaran dan kemasan
|
12
|
Hari
|
15.000
|
180.000
|
|
Sub Total
|
|
|
|
3.958.000
|
|
Total Kebutuhan Modal
|
|
|
|
7.602.000
|
Proyeksi Pendapatan dan
Biaya
No
|
ITEM
|
VOLUME
|
JUMLAH
|
TOTAL
|
1.
|
Penjualan
|
|||
|
Penjualan per bulan
|
1008 bungkus
|
5.000
|
5.040.000
|
2.
|
Biaya Produksi
|
|||
|
-
Bahan Baku
|
1008 x 3.500
|
3.528.000
|
|
|
-
Biaya Tenaga kerja
|
1 orang
|
250.000
|
|
|
-
Biaya Pemasaran dan Kemasan
|
12 hari
|
240.000
|
|
|
Total Biaya
|
3.958.000
|
||
3.
|
Keuntungan
|
1.082.000
|
- KESIMPULAN
Proposal bisnis ini layak untuk dibiayai
karena dari sisi analisis pengembangan usaha serta peningkatan potensi usaha
dapat lebih cepat untuk berkembang serta dari prospek keuangan cukup
menguntungkan dan memiliki prosfek pasar yang baik.
Palembang,
16 April 2015
Mengetahui
Peserta
pelatihan
Kurnia
Illahi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar