Jumat, 17 April 2015

contoh proposal usaha



PROPOSAL USAHA
KEMBANG GOYANG PELANGI


Diajukan Kepada:
Politeknik Negeri Sriwijaya


KURNIA ILLAHI
NIM: 061440610896




Jl. Srijaya Negara Bukit Besar, Palembag
Contact Person: 085766024445


PROPOSAL USAHA
KEMBANG GOYANG PELANGI
“Pelangi Warnanya, Pelangi Rasanya”

A.    DATA PERUSAHAAN
1.
Nama Perusahaan
:
KEMBANG GOYANG PELANGI
2.
Bidang Usaha
:
Kuliner
3.
Jenis Produk
:
Kembang Goyang dengan variasi warna dan rasa terbaru
4.
Lokasi Usaha
:
Jl Srijaya Negara Bukit Besar, Palembang
5.
Slogan Usaha
:
Pelangi Warnanya, Pelangi Rasanya

B.     BIODATA PESERTA
1.
Nama
:
KURNIA ILLAHI
2.
Jenis Kelamin
:
Perempuan
3.
Tempat tanggal lahir
:
Bogor, 31 Agustus 1996
4.
NIM Lengkap
:
061440610896
5.
Jurusan/ Prodi
:
Administrasi Bisnis/ Usaha Perjalanan Wisata
6.
Alamat Asal
:
Payakumbuh, Padang Sumatera Barat

Alamat Kost

Jl Srijaya Negara lrg Tembesu RT 30 RW 10 No.108 Bukit Besar, Palembang
7.
No telp / HP
:
085766024445
8.
Email
:

C.    DASAR PEMIKIRAN
Globalisasi sangat berpengaruh terhadap berbagai aspek kehidupan manusia, misalnya dalam aspek social budaya khususnya pada makanan tradisional. Seiring perkembangan zaman, banyak muncul makanan-makanan modern dari luar yang beredar di sekitar kita, sehingga kue atau jajanan tradisional Indonesia semakin dilupakan dan sudah jarang diproduksi lagi, Salah satunya adalah makanan ringan kembang goyang, Hal itu dapat dilihat dari eksistensinya makanan tersebut. Pada saat ini makanan tersebut sudah jarang dijumpai di kalangan masyarakat. Bahkan bisa dikatakan makanan ini hanya dikonsumsi masyarakat  pada hari-hari tertentu saja. Misalnya pada Hari Raya Id Fitri.
Selain itu makanan ringan kembang goyang ini termasuk makanan tradisional yang hampir punah di Indonesia, terutama di Betawi yang merupakan tempat lahirnya makanan ini. Apalagi di tempat-tempat lain yang memang bukan makanan khas mereka. Padahal makanan ringan kembang goyang ini memiliki cita rasa yang khas, dan menggunakan bahan-bahan alami yang mudah diperoleh serta proses pembuatannya pun masih secara tradisional yang memiliki keunikan tersendiri dari proses pembuatannya. Maka dari itu kita tidak boleh meninggalkan makanan tradisional yang merupakan kebudayaan bangsa kita.
Disamping itu, dengan produk yang bervariasi diharapkan masyarakat tidak jenuh untuk mengkonsumsinya. Itu dapat dibuktikan dari beberapa tanggapan teman sekelas tentang usaha kembang goyang pelangi ini, dan menurut mereka ini sangat menarik sekali dengan warna yang mencolok dan rasa yang bervariasi. Dan makanan ini juga bisa dijadikan salah satu oleh-oleh dari Palembang. Oleh karena itu saya melihat peluang dan membuka usaha Kembang Goyang Pelangi ini.

D.    TUJUAN
1.      Melestarikan makanan tradisional Indonesia
2.      Menciptakan inovasi kuliner yang baru yang lebih diminati banyak orang
3.      Menerapkan jiwa berwirausaha
4.      Melatih kemandirian
5.      Meningkatkan hasil pendapatan. Dan dengan pendapatan tersebut dapat digunakan untuk membayar biaya kuliah yag sedang berlagsung
6.       Menciptakan lapangan pekerjaan

E.     DETAIL PRODUK (Bahan Baku, Proses dan Kapasitas)
1.      Usaha yang akan saya mulai adalah usaha yang bergerak dalam bidang pengolahan makanan (industry kecil) yang menggunakan bahan-bahan dan alat sederhana yang mudah didapatkan dan juga mudah dalam proses pembuatannya, sehingga tidak menutup kemungkinan akan dibutuhkan karyawan untuk memproduksi dan memajukan usaha ini demi mengurangi pengangguran.
2.      Produk yang akan dipasarkan berupa makanan kembang goyag dengan beraneka warna yaitu hijau, merah, ungu, kuning dan biru serta 2 rasa yaitu manis dan pedas, sehingga produk kembang goyang ini terdiri dari 6 jenis (5 rasa manis dan 1 rasa pedas). Kembang goyang pelangi ini dikemas dalam bentuk pack atau bungkus.
3.      Dalam sekali produksi kembang goyang menghasilkan 84 bungkus, yang terdiri dari 14 bungkus tiap-tiap jenisnya. Sehingga dapat diprediksi dalam satu bulan jika dalam seminggu itu 3 kali produksi dapat menjual sebanyak 1.008 bungkus kembang goyag pelangi dengan harga bahan baku per buah Rp 3.500 dan harga jual per buah Rp 5.000
4.      Laba bersih yang dihasilkan Rp 3.958.000 per bulan.
5.      Tempat usaha ini direncanakan di Politeknik Negeri Sriwijaya Jalan Srijaya Negara Bukit Besar Palembang, lokasi ini saya pilih karena tempatnya sangat strategis untuk dipasarkan karena kebanyakan mahasiswa lebih memilih untuk membeli makanan-makanan ringan ketika sedang istirahat maupun sedang bersantai-santai di kantin.

F.     PASAR DAN STRATEGI PEMASARAN
1.      Target Pasar
Sasaran pemasaran yang dituju sangat fleksible sekali yaitu masyarakat Palembang dari semua golongan baik usia muda maupun tua, dan mahasiswa Politeknik Negeri Sriwijaya pada khususnya. Oleh karena itu, usaha in mempunyai prospek yang sangat tepat. Dan berdasarkan pengamatan saya usaha ini belum ada di Palembang.
2.      Strategi Pemasaran
-          Slogan Kembang Goyang Pelangi, adalah “Pelangi Warnanya, Pelangi Rasanya”
-          Pembuatan Gerobak  yang unik dan menarik
-          Bermitra dengan kantin-kantin sekolah dan perguruan tinggi, mini market seperti Alfamart dan Indomaret.
-          Menerima Pesanan untuk acara
-          Promosi akan dilakukan melalui jaringan social media (Facebook, Twitter, Pamflet, Brosur, Radio).
-          Proses produksi yang higienis baik dari tempat, alat dan bahan-bahan yang digunakan.
-          Menerapkan pelayanan prima (sikap yang sopan dan ramah, pelayanan yang cepat dan baik).
-          Menjaga cita rasa makanan. Tidak menggunakan bahan kimia berbahaya dalam memproduksinya, tetapi menggunakan bahan alami untuk membrikan warna dan rasa yang beragam.
-          Dengan rasa yang khas yaitu manis dan pedas, serta variasi warna yang

G.    ASPEK SUMBER DAYA MANUSIA
Untuk menjalankan usaha Kembang Goyang Pelangi ini saya dibantu oleh seorang karyawan yang akan mengolah dalam proses produksi dan pemasaran.

H.    BIAYA PRODUKSI DAN KEBUTUHAN MODAL
Biaya Bahan Baku untuk 84 Bungkus Kembang per hari
No
BAHAN
VOLUME
 BIAYA
JUMLAH
1.
Tepung beras
6 Kg
10.000
60.000
2.
Gula pasir halus
1 Kg
12.000
12.000
3.
Bawang Putih
½ Kg
20.000
10.000
4.
Telur
6 Kg
16.000
96.000
5.
Garam
1 bungkus
1.000
1.000
6.
Santan Kelapa
2 Kg
6.000
12.000
7.
Minyak Goreng
6 Kg
12.000
72.000
 8.
Baking Soda
 2 bungkus
1.000 
2.000
9.
Cabai Merah
½ Kg
 20.000
10.000
10.
Udang Halus
½ Kg
12.000
6.000
11.
Pewarna Alami
-          Hijau (pandan)
-          Merah (mahkota bunga rosela)
-          Ungu (ubi ungu)
-          Kuning (kunyit)
-          Biru (kubis ungu)

-
¼ Kg
½ Kg
1 ons
½ Kg

3.000
100.000
6.000
2.000
10.000

3.000
25.000
3.000
2.000
5.000
Total


319.000

 KETERANGAN:
Produksi dan Biaya Bahan Baku Kembang Goyang Pelangi: 
Tiap Hari
84 bungkus


Tiap bulan
1.008 bungkus


Biaya baha baku per satuan produk

4.000

Biaya bahan baku per bulan

4.032.000


Kebutuhan Modal

No
BAHAN
VOLUME
 BIAYA
 JUMLAH
1.
Biaya Investasi





a. Gerobak
1
Unit
2.500.000
2.500.000

b.Penggorengan
1
Unit
300.000
300.000

c. Peniris Gorengan
1
Unit
50.000
50.000

d. LPG 3 Kg
1
Unit
150.000
150.000

e. Kompor Gas
1
Unit
300.000
300.000

f. Wajan Penggorengan
2
Unit
50.000
100.000

g. Cetakan Kembang Goyang
3
Unit
18.000
54.000

h. Toples
6
Unit
15.000
90.000

i. Timbangan
1
Unit
100.000
100.000

Sub Total



3.644.000
2.
Biaya Operasional per minggu





a.Bahan baku 1 minggu (2 hari)
1008
Bungkus
3.500
3.528.000

b.Biaya tenaga kerja
1
Orang
250.000
250.000

c.biaya pemasaran dan kemasan
12
Hari
15.000
180.000

Sub Total



3.958.000

Total Kebutuhan Modal



7.602.000






Proyeksi Pendapatan dan Biaya
No
ITEM
VOLUME
 JUMLAH
 TOTAL
1.
Penjualan




Penjualan per bulan
1008 bungkus
5.000
5.040.000
2.
Biaya Produksi




-          Bahan Baku
1008 x 3.500
3.528.000


-          Biaya Tenaga kerja
1 orang
250.000


-          Biaya Pemasaran dan Kemasan
12 hari
240.000


Total Biaya

3.958.000

3.
Keuntungan


1.082.000

  1. KESIMPULAN
Proposal bisnis ini layak untuk dibiayai karena dari sisi analisis pengembangan usaha serta peningkatan potensi usaha dapat lebih cepat untuk berkembang serta dari prospek keuangan cukup menguntungkan dan memiliki prosfek pasar yang baik.






Palembang, 16 April 2015         
Mengetahui 
Peserta pelatihan




Kurnia Illahi


Tidak ada komentar: